Target: Satu Kecamatan di Lambar Punya Satu Destinasi Wisata
Ari Gunawan
Kamis | 12/03/2020 10.01 WIB
Target: Satu Kecamatan di Lambar Punya Satu Destinasi Wisata
Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Reza Pahlevi. Foto: Rilislampung.id/ Ari Gunawan

RILIS.ID, Lampung Barat – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Lampung Barat (DPMP Lambar) melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat mempunyai program prioritas pengembangan Wisata Pekon (Desa).

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat, Reza Pahlevi, mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar); Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS); dan Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPHL).

”Ini untuk pengembangan wisata pekon baik wisata alam maupun buatan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Harapannya satu kecamatan punya satu destinasi wisata,” ungkapnya, Rabu (11/3/2020).

Hal itu bukan tanpa kendala. Saat ini, banyak potensi khususnya wisata alam di pekon yang masuk dalam taman nasional dan hutan lindung.

Karena itulah, koordinasi dengan TNBBS dan KPHL diperlukan terkait regulasi. Sehingga, pekon bisa mengelola wisata alam tersebut, tanpa harus melanggar peraturan.

"Saat ini telah beberapa pekon yang sudah mulai mengelola wisata pekon. Salah satunya Trimulyo Kecamatan Gedungsurian dengan Wisata Desa Temiangan Hill yang sudah dikelola oleh bumdes sejak 2019," ujarnya.

Dia meyakini jika satu kecamatan memiliki satu destinasi wisata, maka tingkat perekonomian di daerah tersebut dapat meningkat. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)

 





2019 | WWW.RILIS.ID