Tebal Aspal Jalan ke Mesuji Membingungkan, 5 atau 4 Cm?
Juan Situmeang
Rabu | 25/11/2020 20.22 WIB
Tebal Aspal Jalan ke Mesuji Membingungkan, 5 atau 4 Cm?
Perbaikan Jalan Simpangpematang-Brabasan, Mesuji. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Juan Situmeang

RILIS.ID, Mesuji – Jalan utama menuju ibukota Kabupaten Mesuji sepanjang 1.946 meter selesai diperbaiki dengan pengaspalan hotmix, Rabu (25/11/2020).

Namun timbul persoalan soal ketebalan aspal. Pengawas lapangan mengatakan 5 centimeter (cm). Sementara, petugas pengawasan AMP (Aspalt Mixing Plant) menyatakan hanya 4 cm.

Pola pengerjaan jalan dilakukan dengan dua cara. Pertama, sistem kontraktual atau lelang. Ini untuk pemeliharaan berkala ruas Jalan Simpangpematang-Brabasan (link.094) sepanjang 1.053 meter.

”Pemenang lelang adalah PT Stek Harmoni dengan nilai anggaran Rp1,4 miliar,” papar pengawas lapangan, Burlian.

Kedua, pola swakelola oleh Dinas PU Bina Marga Provinsi Lampung sepanjang 893 meter. Nama kegiatannya URC, yaitu Unit Reaksi Cepat.

Namun sayang, berapa nilainya ia sebagai pengawas lapangan mengaku lupa.

URC baru dilakukan di Bina Marga Provinsi Lampung, masih tahap percobaan. Ini dimaksudkan sebagai respons cepat atas pengaduan masyarakat tentang kerusakan jalan provinsi.

Adapun perbedaan pekerjaan yang dikerjaan secara swakelola dan kontraktual secara fisik bisa dilihat dari ada tidaknya marka jalan. Jika ada, maka kontraktual. Namun dua-duanya ada papan plang proyek.

Mengenai ketebalan aspal untuk peningkatan jalan 5 cm. Sedangkan jika perawatan 3 cm. ”Nah, yang swakelola ini hanya perawatan jalan biasa,” terangnya.

Keterangan berbeda disampaikan petugas pengawasan AMP yang tidak mau disebut namanya. Ia mengatakan jika ketebalannya hanya 4 cm.

Salah satu warga yang melintas saat pengerjaan aspal, Seno, asal Simpangpematang, malah menduga ketebalan aspal tidak sampai 4 cm.

”Ya, ini pengamatan mata telanjang saja. Saya lihat sepertinya tidak sampai 4 cm, sepertinya semua ruas deh,” tutupnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID