Teknis Debat Kedua Berubah, Materi Dievaluasi Hari Ini

Jumat | 13/04/2018 08.01 WIB
Teknis Debat Kedua Berubah, Materi Dievaluasi Hari Ini
Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Lampung, Ryan Yudi Andila. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Debat Kandidat kedua Pilgub Lampung 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung akan mengusung tema Pelayanan Publik, Pemerintahan yang Bersih dan Reformasi Birokrasi.

Pelaksanaannya direncanakan tetap digelar di Hotel Novotel Bandarlampung, Sabtu (28/4/2018) malam.

Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Lampung, Ryan Yudi Andila, menjelaskan pihaknya menyiapkan hal-hal teknis pelaksanaan yang berhubungan dengan debat.

Untuk evaluasi debat perdana, pihaknya ada beberapa catatan. Diantaranya, pertama; dalam mekanisme pengundian terbilang agak lama, maka nanti lebih pendek waktunya.

Kedua; moderator kedepannya tidak begitu dominan seperti saat debat pertama karena waktu yang ditentukan sudah melebihi, dan ketiga; mekanisme penyampaian dari pasangan calon yang 3 menit saat debat perdana itu terlalu lama, sehingga dirubah jadi 2 menit.

"Berikutnya tayangan media harus berikan tayangan yang jelas bagi masyarakat baik suara maupun gambarnya," kata dia, Kamis (12/4/2018).

Mengenai 9 dewan pakar debat, menurut dia sepertinya tidak berubah. Mereka yakni Dr H Khairuddin Tahmid (Ketua MUI Lampung yang juga dosen UIN Raden Intan Lampung), Dr. Erina Pane (dosen Pascasarjana Hukum Unila dan dosen UIN Raden Intan Lampung), Dr.Rohaini (dosen Fakultas Hukum Unila), Dr.Didiek R Mawardhi (mantan Ketua STIH Muhammadiyah).

Lalu, Dr.Arifina Ratih (dosen Unila), Dr.Feni Rosalia (dosen FISIP Unila), Dr.Ir M.Irfan Afandi (dosen Agribisnis Pertanian Unila), Dr.Andy Corry Wardhani (dosen Ilmu komunikasi Unila), dan Dr.Suripto Msi (dosen Unila).

Sementara Komisioner KPU Lampung Ahmad Fauzan, mengatakan, hari ini Jumat (13/3/2018) pihaknya akan menggelar rapat evaluasi mengenai materi debat kandidat yang digelar di KPU setempat.

“Besok kita lakukan evaluasi mengenai materi untuk debat kedua,” ujarnya, Kamis (12/4/2018). (*)

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID