Teman Balik Kanan - RILIS.ID
Teman Balik Kanan
lampung@rilis.id
Rabu | 02/09/2020 15.10 WIB
Teman Balik Kanan
Oleh: Wirahadikusumah

Rasa penasaran saya terjawab. Informasi tentang imam masjid saya itu kini terang benderang. (Baca: Imam Masjid)

Sebenarnya, saya sudah mendapatkan jawaban tersebut sejak Senin (31/8/2020) pagi. Dari salah satu petinggi partai. Di Lampung.

Melalui pesan WhastApp (WA), ia membenarkan Johan Sulaiman menjadi wakil Rycko Menoza. Di Pilkada Bandarlampung.

Tetapi, petinggi partai itu meminta informasi tersebut tidak dipublikasikan terlebih dahulu. Sampai ada pengumuman resmi.

Ia memperbolehkan saya bertanya apa saja, tetapi dengan syarat: informasi darinya tidak dijadikan bahan pemberitaan.

”Jangan jadi narsum (narasumber). Kalau tanya-tanya saja boleh. Dan ini bukan untuk berita ya. Informasi itu benar,” tulis petinggi partai tersebut ketika menjawab pertanyaan saya melalui pesan WA kepadanya, Senin (31/8/2020).

Karenanya, saya tak kaget lagi, ketika hari ini (Selasa, 1/9/2020), Partai Golkar memberikan rekomendasi kepada pasangan calon (paslon) Rycko Menoza-Johan Sulaiman.

Saya pun tadi (1/9/2020) sempat berbalas pesan WA. Dengan Johan Sulaiman. Mengucapkan selamat kepadanya. Dan ia menyampaikan terima kasih atas ucapan saya itu.

”Trims Wira, mohon doanya. Sampaikan salam saya kepada keluarga besar,” tulisnya dengan ditambahi emoticon namaste.

Pastinya, saya juga tidak akan terkejut lagi, jika besok (Rabu, 2/9/2020) PKS juga mengeluarkan rekomendasi. Model B.1.1-KWK. Untuk keduanya.

Terlebih, rekomendasi PKS model B.1.1-KWK untuk paslon ini sudah beredar luas di media sosial. Juga sudah diberitakan di beberapa media online.

Kendati memang, DPW PKS Lampung seakan masih bungkam dengan rekomendasi tersebut.

Saya sebenarnya sempat menghubungi Ketua DPW PKS Lampung Ahmad Mufti Salim. Namun, Ustaz Mufti –sapaan akrab saya kepada Ahmad Mufti Salim- tak membalas pesan saya. Padahal sudah dibacanya. Itu terlihat dari tanda contreng biru. Pada pesan yang saya kirimkan kepadanya.

Tetapi, saya mendapat kabar dari Segan Petrus Simanjuntak. Kawan saya. Di Rilislampung.id. Segan mengaku, sempat berkomunikasi dengan Ustaz Mufti. Melalui telepon.

Menurut Segan, Ustaz Mufti mengatakan, PKS akan mengeluarkan rilis resmi. Agar informasinya tidak simpang siur. Dan rekomendasi yang beredar itu bukan dari official PKS.

Saya pun sempat berdiskusi dengan Segan. Perihal PKS yang menunjukkan sikap politik ”balik kanan”. Di Pilkada Bandarlampung.

Sebab, PKS sebelumnya sudah mengeluarkan surat keputusan. Yang mendukung Eva Dwiana-Dedy Amarullah.

Saya katakan pada Segan, sebenarnya saya sudah menduga itu sejak Sabtu (29/8/2020).

Sebab, rekomendasi untuk Kota Bandarlampung tak ikut diumumkan. Saat DPP PKS mengumumkan rekomendasi untuk paslon pada Pilkada Serentak 2020 melalui chanel YouTube-nya: PKS TV.

Saya juga mengatakan kepada Segan, sikap PKS itu sangat mungkin bisa terjadi di politik. Kendati PKS sebelumnya adalah ”teman” dari paslon Eva Dwiana-Dedy Amarullah.

Terlebih, ada keuntungan yang didapat dengan sikap ”balik kanan” PKS tersebut. Yakni, kadernya digandeng menjadi calon wakil wali kota.

Karenanya, sudah benarlah perkataan yang sangat terkenal itu: tidak ada teman dan musuh abadi dalam politik.

Dan Segan pun balik kanan setelah saya menyebutkan kalimat tersebut.(Wirahadikusumah)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID