Tenggelam di Perairan GAK, 7 ABK KM Puspita Jaya Belum Ditemukan - RILIS.ID
Tenggelam di Perairan GAK, 7 ABK KM Puspita Jaya Belum Ditemukan
Agus Pamintaher
Minggu | 21/06/2020 14.44 WIB
Tenggelam di Perairan GAK, 7 ABK KM Puspita Jaya Belum Ditemukan
Tim SAR Lampung saat mengevakuasi korban. FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Selatan – Tujuh anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Puspita Jaya yang tenggelam di perairan Gunung Anak Krakatau (GAK), Selat Sunda, Kamis (18/6/2020) lalu, belum ditemukan sampai saat ini.

Diketahui, Kapal Motor Puspita Jaya terbalik hingga mengakibatkan 16 ABK tenggelam. Enam di antaranya berhasil diselamatkan oleh Kapal Eurodam.

Sementara 10 ABK hilang saat kejadian. Tiga orang baru ditemukan, sedangkan tujuh lainnya masih dalam pencarian.

Tiga ABK ditemukan nelayan di perairan Tanjung Ilalang, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (20/6/2020) sore.

Humas Tim SAR Lampung Deny Kurniawan mengatakan penemuan tiga ABK tersebut dari TIM SAR Banten. Ketiganya mengaku sempat mati mesin dan ditolong KM Duta Samudera.

“Mereka yang selamat yakni Wawan (40), Udin (45) dan Juhedi (38). Sampai sekarang kita masih terus melakukan pencarian terhadap tujuh  ABK lannya yang belum dytemukan,” kata Deny Kurniawan, Minggu (21/6/2020).

Dari keterangan korban yang selamat, Wawan mengatakan, ia bersama rombongan sebanyak 16 orang berencana mencari ikan di perairan GAK. Akibat ombak besar, kapal terbalik dan tenggelam.

“Kami berangkat dari Teluk Labuhan, Pandeglang dan rencananya mau ke Pulau Rakata yang ada di kawasan GAK untuk mencari ikan. Tiba-tiba ombak besar dan menenggelamkan kapal kami,” kata Wawan.

Wawan menambahkan, dari 16 ABK saat kapal tenggelam, berenang ke Pulau Rakata. Karena tak kuat berenang, enam ABK kembali ke kapal yang tenggelam.
Sementara ia dan rekan-rekan lainnya tetap berusaha berenang ke Pantai Rakata.

“Sampai sekarang, kami tidak tahu nasib teman kami yang tujuh orang. Harapan kami mereka bisa selamat,” harapnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID