Tjindarboemi, Sang Pejuang dan Printis Pers Indonesia dari Lampung
kontributor kontributor
lampung@rilis.id
Selasa, 2019/11/26 12.16

RILIS.ID, ; RILISID TV LAMPUNG - Bandarlampung,  Raden Aria Taher Tjindarboemi lahir di Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah pada 28 November 1902. 

Dalam jejak perjalanan sejarah kemerdekaan Indonesia, nama Raden Aria Tjindarboemi mungkin satu-satunya putra daerah Lampung  yang aktif dalam pusaran pergerakan kaum nasionalisme.

Tjindarboemi menjadikan profesi jurnalis sebagai  alatnya berjuang melawan kolonialisme yang membelenggu bangsa Indonesia.

Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Lampung mengabadikan nama Tjindarboemi sebagai nama penghargaan, kepada mereka yang dilai berjasa dan berdedikasih mendukung pengembangan pers di Lampung.

Raden Aria Taher Tjindarboemi adalah sang pejuang dan wartawan pemberani. Ia tutup usia pada tahun 1978. 

Untuk mengingat dan mengenang jasa dan perjuangannya, PWI provinsi Lampung membuat video Teaser perjalanan semasa hidupnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Video ini dibuat oleh kreator video muda yang merupakan anggota PWI provinsi lampung nama nya Kalbi Rikardo. Video ini pertama kali diputar pada Kamis, 21 November 2019. 

Penayangan video teaser perjalanan sang wartawan pemberani ini dilihat oleh para undangan yang hadir yaitu, Kepala daerah dan budayawan yang mendapatkan penghargaan pada malam anugrah Tjindarboemi di Wood Star Cafe. Serta para tamu undangan yang hadir dan para anggota PWI se Lampung.

#videodokumentasi #PWILampung
 



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID