TPA Regional di Gedongwani Lampung Timur Dianggarkan Rp90 M
kontributor kontributor
Rilis.id
Jumat, 2019/07/05 20.15

RILIS.ID, ; RILIS.ID, Bandarlampung – Pemprov Lampung tetapkan lokasi lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Gedongwani, Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).
Rencananya pembangunan TPA Regional terealisasi awal 2020 dengan anggaran sebesar Rp90 Milliar melalui APBN.

Hal ini disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat saat melakukan nota kesepahaman dengan perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) dan Kementerian Lingkungan Hidup di ruang rapat Bappeda Lampung, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, TPA Regional sendiri akan dibangun dilahan seluas 50 hektar, serta bisa menampung sampah bagi 5 kabupaten/kota yakni Kota Bandarlampung dan Metro, Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan, serta Pesawaran. 

"Nantinya TPA Regional akan kita bentuk badan pengelola disana seperti Unit Pelayanan Teknik Daerah (UPTD), Kemudian sampah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai energi listrik," kata Taufik.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Herlina Warganegara menambahkan untuk perencanaan pembangunan TPA Regional master plan akan segera kita proses oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pemprov Lampung. 

"Dipastikan tahun ini master plan akan selesai dikerjakan," kata dia.
Herlina mengharapkan TPA Regional tidak hanya mengelola sampah, melainkan dibangun juga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). 

“Sehingga tidak seperti di Bakung yang mengalami overload dengan luas TPA hanya 14 hektar,"  tambahnya.(*)



Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID