Tuai Kritikan Dari Caden, KPU: Dasar Kami Regulasi! - RILIS.ID
Tuai Kritikan Dari Caden, KPU: Dasar Kami Regulasi!
Wirahadikusumah
Senin | 20/07/2020 11.41 WIB
Tuai Kritikan Dari Caden, KPU: Dasar Kami Regulasi!
Komisioner KPU Bandarlampung Fery Triatmojo/FOTO ILUSTRASI KALBI RIKARDO/RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, BANDARLAMPUNG – Adanya kritikan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung ditanggapi dingin oleh penyelenggara pemilu tersebut.

Menurut Komisioner KPU Bandarlampung Fery Triatmojo, tidak ada regulasi yang mengharuskan pihaknya memberikan form B5 kepada calon independen (caden).

Untuk diketahui, form B5 adalah data tentang masyarakat yang memberikan KTP terhadap caden, tetapi menyatakan tidak mendukung caden tersebut.

Fery mengatakan, berdasarkan PKPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 3 Tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota, tidak diatur pihaknya harus memberikan data sesuai dengan apa yang disampaikan dalam kritikan tersebut.

Ia menjelaskan, sesuai PKPU No.1/2020 itu, KPU hanya menyampaikan rekapitulasi dukungan tingkat kota untuk calon perseorangan. Yang, rencananya plenonya akan digelar Senin (20/7/2020).

"Itu pun menurut PKPU itu yang diberikan adalah salinan berita acara hasil pleno PPK dan PPS. Jadi intinya kami bekerja berdasarkan regulasi yang ada," ujarnya kepada Rilislampung.id melalui sambungan telepon , Minggu (19/7/2020) malam. 

Fery melanjutkan, pada pleno tentang rekapitulasi dukungan tingkat kota untuk calon perseorangan yang berlangsung Senin (19/7/2020) itu akan dibacakan rekapitulasi hasil dukungan masing-masing caden.

Karenanya, terus dia, dalam pleno itu, pihaknya akan mengundang dua Caden dalam pleno tersebut. Yakni Firmansyah Y. Alfian-Bustomi dan Ike Edwin-Zam Zanariah.

Nantinya, imbuh dia, dua Caden itu akan diberikan waktu untuk memperbaiki kekurangan dukungan KTP dari masyarakat hingga tanggal 27 Juli 2020.

"Jika sampai tanggal 27 Juli 2020 tidak menyerahkan perbaikan, maka caden akan dinyatakan gugur," jelasnya.

Sementara, Fery juga sempat mengirimkan PDF salinan hasil rekapitulasi pleno kecamatan melalui pesan WhatsApp kepada Rilislampung.id Minggu (19/7/2020) malam.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, jumlah perbaikan yang harus dilakukan masing-masing Caden cukup banyak.

Untuk pasangan Firmansyah-Bustomi dari 47.552 dukungan KTP yang diserahkan ke KPU, hanya 21.266 KTP yang dinyatakan memenuhi syarat. Sementara yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebanyak 26.286 KTP.

Kemudian, untuk pasangan Ike Edwin-Zam Zanariah, dari 43.337 dukungan KTP yang diserahkan ke KPU, hanya 22.855 yang dinyatakan memenuhi syarat. Sementara yang tidak memenuhi syarat sebanyak 20.482 dukungan KTP.(*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID