Waduh! Terminal Induk Kota Menggala Ditanami Singkong
lampung@rilis.id
Sabtu | 26/09/2020 21.19 WIB
Waduh! Terminal Induk Kota Menggala Ditanami Singkong
Tanah Terminal Induk Kota Menggala, Tulangbawang di Jalan Lintas Timur Kelurahan Menggala Selatan yang mulai ditanami singkong, Sabtu (26/9/2020). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Albari

RILIS.ID, Tulangbawang – Tanah Terminal Induk Kota Menggala, Tulangbawang (Tuba) di Jalan Lintas Timur Kelurahan Menggala Selatan mulai ditanami singkong.

Adalah Azis, salah satu orang yang mengaku ahli waris dari Sarnubi bin Ngedeko Delah, terlihat sedang menabur bibit ubi kayu di atas lahan tersebut, Sabtu (26/9/2020).

Azis menjelaskan pihaknya sedang mengolah lahan itu agar dapat sebanyak mungkin ditanami singkong.

Sejak beberapa tahun ini, plang klaim milik ahli waris sudah dipasang. Dia menegaskan, lahan seluas 21.750 meter persegi itu bukan lagi milik Pemkab Tuba.

"Lagian juga sudah kita pasang portal besi beberapa bulan terakhir," terang Aziz.

Dia mempersilahkan pihak Pemkab Tuba memikirkan ulang negoisasi yang mereka tawarkan. Tapi, kalau tidak setuju, mereka akan terus menanami lahan itu.

Terpisah, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tuba, Anthoni MM, menandaskan sejak minggu lalu Pemkab Tuba telah melaporkan permasalahan ini ke Polres Tuba.

"Nanti saya cek lagi kelanjutan laporan melalui Kabag Hukum. Sebab, dia sudah saya minta menghubungi Polres," jelas Anthoni via pesan WhatsApp.

Sementara, Kabag Hukum Tuba, Anuari, menerangkan gugatan ahli waris soal Terminal Menggala sudah terjadi sejak 2016.

Mereka sebelumnya memasang plang dan portal sehingga kendaraan tidak bisa masuk lagi ke Terminal Menggala Kota. Terakhir, mereka mencangkuli tanah dan mulai menanam singkong.

Menurut dia, laporan ke polisi dimaksudkan agar ada kejelasan hukum terkait persoalan ini. Jika memang pihak ahli waris merasa memilikinya, dia mempersilahkan mereka mempergunakan jalur yang benar.

Pemerintah juga legawa jika pada akhirnya pengadilan memutuskan lahan tersebut bukan milik Pemkab Tuba.

Namun sebaliknya. Jika ternyata pengadilan menyatakan Pemkab Tuba adalah pemilik, dia meminta aparat kepolisian menindaklanjuti masalah ini sesuai prosedur hukum yang berlaku. (*)

Laporan: Albari

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID